Aklimatisasi ke Albania: Perjalanan darat 10 hari

Sep 21, 2022 category

Albania adalah lokasi yang hanya beberapa minggu yang lalu, kami benar -benar tidak mengerti apa -apa. Kami menunjukkan pendanaan Tirana di malam hari – setelah perjalanan bus 10 jam dari Skopje, Makedonia. Malam pertama itu kami benar -benar tidak bisa melihat banyak, namun kenikmatan muncul di negara baru bergegas bersama kami dan kami berharap untuk memulai perjalanan epik 10 hari epik kami di seluruh negeri.

Di hampir setiap kota besar Balkan ada tur jalan kaki gratis yang membawa pengunjung ke situs bersejarah serta memberi mereka rasa sejarah serta kehidupan sehari-hari orang-orang regional di wilayah tersebut.

Bagian dari Tembok Berlin, bunker serta jembatan kaki kuno – semua di tur jalan kaki kami
Kami telah bergabung dengan tur ini di mana saja kami dapat sebaik kami percaya bahwa mereka adalah metode terbaik untuk langsung membenamkan diri dalam setiap budaya dan menemukan tentang apa yang membuat orang -orang berdetak. Sejauh ini kami telah melakukan tur gratis di Plovdiv maupun Sofia, keduanya di Bulgaria.

Tur jalan kaki Tirana unik karena pemandu ini memiliki akun yang sangat pribadi tentang hidupnya tumbuh selama rezim komunis Albania.

Instead of just pointing out sites as well as rattling off scripted dialog about dates, design as well as wars, our guide, Gazi, brought the tour to life with tales of him as well as his siblings dealing with worldwide isolation, living with everyday rations serta memperjuangkan kebebasan sederhana yang kami anggap remeh.

Berjalan dengan Gazi serta dua backpacker lainnya di tur
Turnya mengatur kami dengan pemahaman yang jauh lebih baik tentang negara liar Albania. Tanpa cerita emosional Gazi serta memoar deskriptif, kita mungkin tidak dapat memahami mengapa Albania adalah metode itu. Bahkan dengan anekdotnya, kita masih harus menemukan banyak hal tentang negara itu.

Setelah tur, kami mengutip perpisahan dengan pemandu kami dan berangkat di jalan kami yang melanggar petualangan!

Konfirmasi pertama dari kata -kata Gazi datang ketika kami memilih kendaraan sewaan kami serta mulai mengemudi dari Tirana.

Mengemudi itu gila.

Pejalan kaki berselang serta menyeberang kembali serta keluar di seberang jalan -jalan yang sibuk. Mobil -mobil berbelok ke kanan, dengan 4 jalur diproduksi di mana seharusnya ada dua. Sepeda motor menenun metode mereka dengan lalu lintas yang sangat ketat, serta orang-orang membunyikan klakson di setiap cahaya serta bundar.

Lihatlah perjalanan kami yang luar biasa! Mengemudi agak sulit … kecuali di sepanjang pantai.
Gazi telah memberi tahu kami bahwa selama rezim komunis, jalan itu hanya untuk pengemudi ahli serta sangat sedikit orang yang memiliki hak istimewa untuk mengemudi. Jadi hari ini, pengendara yang paling berpengalaman mungkin hanya berada di belakang kemudi sejak awal tahun 90 -an.

Selain itu, seluruh infrastruktur mengemudi di negara ini sangat embrionik, dengan hampir semua jenis jalan raya berukuran penuh serta hanya jalan kecil yang bergelombang yang menghubungkan sebagian besar kota. Ini untuk menyatakan bahwa mengemudi di Albania adalah pengalaman – pengalaman yang menyenangkan sebagian besar waktu, betapapun sangat membuat frustrasi dan juga yang berbahaya.

Kami terakhir membuat metode kami dari kekacauan Tirana, hanya untuk tersesat di lahan pertanian yang terlupakan di pedesaan Albania. Kami memiliki GPS di mobil kami, namun GPS di Albania adalah kutipan navigasi terbaik.

Kami pasti membutuhkan bir setelah beberapa hari perjalanan kami di sini!

Pada satu titik, suara otomatis yang menjengkelkan menginstruksikan kami untuk berbelok ke kiri – langsung ke dinding kastil, sementara sekali lagi, seandainya kami mematuhi petunjuk, kami akan berakhir di ngarai TPA!

Pada saat kami berhasil sampai ke pemberhentian kedua kami, Berat, kami kelelahan (meskipun hanya 3 jam dari Tirana). Namun sekali lagi, kenikmatan berada di lokasi baru menuduh kami untuk keluar serta mengeksplorasi.

Berat dijuluki kota 1000 jendela, lihat mengapa?
Berat adalah kota yang indah. Banyak rumah usia Ottoman memanjat bukit curam yang mengapit ngarai yang dalam. Ngarai terpotong dari lanskap batu bergerigi oleh sungai yang deras. Aliran itu sendiri indah … dari jauh.

Setelah inspeksi yang lebih baik, kami menyadari bahwa ada hantu di semua pohon di sepanjang dasar sungai. Semacam situs menghantui yang tampak seperti beberapa jenis produksi Halloween.

Kantong plastik, botol, pakaian yang dibuang serta kardus dibungkus di setiap cabang dari setiap pohon. Sungai itu adalah tempat pembuangan untuk penurunan dan juga selama bertahun -tahun, begitu banyak sampah yang membangun sehingga tepi sungai tampak seperti rumah berhantu.

Sungai itu indah dari jauh!
Sebelum memberikan penilaian, kami ingat kata -kata panduan ramah kami Gazi:”Selama rezim komunis, tidak ada yang harus dibuang karena kami tidak punya apa -apa.”

Hari ini, kelebihan kemasan plastik tidak memiliki tempat untuk pergi karena sistem limbah negara sangat primitif. Tidak ada yang mendapat informasi tentang apa yang harus dilakukan dengan sampah sejak 25 tahun yang lalu, tidak ada. Apa pun yang datang dalam jatah serta semua kemasannya digunakan kembali, dibakar atau didaur ulang.

Tidak ada yang menyia -nyiakan karena apa pun yang ada dalam persediaan yang langka.

Jauh dari Sungai, Gedung Sampah dan juga penyapu jalanan memastikan bahwa kota Berat yang terdaftar UNESCO tampaknya berada dalam kondisi prima. Jalan-jalan berbatu melengkung metode mereka antara gereja-gereja Bizantium serta rumah-rumah bergaya Ottoman sampai mereka terakhir mencapai dinding batu yang sangat besar di puncak bukit.

Katedral Asrama di Berat

Di puncak gunung, sebuah kastil abad ke -4 memerintahkan cakrawala, batu -batu kuno memancarkan rona emas di langit sore. Hal yang luar biasa tentang kastil Berat adalah orang -orang yang masih online di dalamnya.

Setelah Anda berjalan ke atas bukit yang curam untuk mencapai dinding benteng, Anda dapat masuk dengan gapura batu yang sangat besar dan juga tiba -tiba, Anda berada di sebuah kastil dan juga kota kuno.

Toko-toko menawarkan makanan ringan, kopi, serta pakaian, sementara orang-orang menyapu teras mereka, memberi makan anjing mereka serta menjalani kehidupan sehari-hari mereka, tampaknya tidak mendapat informasi bahwa mereka tinggal di kastil dongeng di puncak gunung.

Tampilan mata burung (drone) di dalam dinding kastil Berat
Setelah beberapa hari memeriksa Berat dan makan makanan tradisional Albania yang lezat di restoran in-house hotel kami, kami naik kendaraan lagi, bersiap untuk tersesat pada metode kami ke Gjirokaster.

Kali ini, dokter tampaknya memahami metode ini serta suara robot yang terkomputerisasi membawa kami melalui pemandangan indah menjadi satu lagi kota tua Albania yang terkenal. Kami tidak tinggal lama di Gjirokaster, hanya satu jam sebenarnya, namun cukup lama untuk memeriksa kastil kota, berjalan di sekitar kota tua serta kembali ke mobil.

Dari sana kami menuju ke garis pantai Adriatik tempat kami menyewa sebuah apartemen di Saranda. Kami check -in ke lokasi kami serta kami tidak bisa mempercayai pemandangan laut. Kami berada di lantai 7 serta apartemen 1 kamar tidur kami memiliki dek terbaik untuk bekerja – meskipun pemandangannya mengganggu.

Bukan kantor yang buruk, eh?!

Ketika kami menuju keluar untuk memeriksa jurang depan laut di Saranda, lebih banyak kata -kata Gazi masuk akal dari lingkungan kami.

Kami melihat restoran Italia, kafe, serta bar anggur. Ada musik Italia serta televisi Italia yang diputar di bar. Gazi telah memberi tahu kami bahwa Italia adalah salah satu sekutu terdekat Albania selama beberapa dekade terakhir serta pengaruh mereka di sepanjang Mediterania sangat terlihat.

Kami tidak keberatan dengan pengaruh Italia

Dia memberi tahu kami tentang waktu ketika TV disensor dan tidak ada yang akan menonton apa pun namun propaganda pemerintah. Beberapa orang mencuri sinyal satelit dari Italia atas bahaya dieksekusi jika ditangkap.

Di salah satu saluran inilah Gazi pertama kali melihat pisang, namun tidak sampai 10 tahun kemudian ketika ia dapat bertahan dan juga merasakannya.

Ketika kami berjalan dengan pasar yang menjual pisang di sisi jalan di Saranda, kami percaya tentang Gazi lagi. Buah kuning itu adalah pemandangan yang khas bagi kami, dan juga pasti pemandangan biasa bagi orang -orang Albania, namun mengingat kata -kata Gazi membawa makna baru ke adegan pasar yang biasa.

“Ketika saya mencoba pisang pertama saya, saya menyukainya. Saya tidak percaya apa yang telah saya lewatkan selama bertahun -tahun. Namun ibuku tidak akan memakannya pada awalnya. Selama satu dekade setelah komunisme, dia tidak mempercayai pisang. ”

Tentu saja, Saranda memiliki lebih banyak kemewahan selain pisang. Ada restoran tepi laut yang indah, jalan setapak pejalan kaki yang bagus, makanan laut yang lezat, pantai -pantai yang indah, beberapa pengembangan berlebihan dan nuansa yang sangat Mediterania. Namun kata -kata pemandu wisata jalan kaki kami yang benar -benar membawa kami dengan Saranda serta seluruh negara Albania.

Matahari terbenam di Saranda sangat cantik

Percaya bahwa hanya 25 tahun yang lalu, negara itu terkunci dalam rezim komunis paling keras dalam sejarah sulit dipercaya. Hari ini, orang -orang online berlebihan. Minum anggur dengan makan siang, mengendarai mobil Mercedes-Benz serta membeli properti perumahan atau komersial di tepi laut-bahkan jika mereka tidak dapat membayar untukr to.

Benar -benar ada lelucon tentang orang Albania serta mobil -mobil mereka yang bagus, yang kami dengar saat berada di negara:

Tiga pria berada di surga, seorang Jerman, seorang Italia dan juga orang Albania. Mereka saling bertanya bagaimana mereka mati. Orang Jerman itu mengatakan, saya mengendarai Porsche saya dengan cepat dan juga jatuh dan mati. Orang Italia itu mengatakan, saya mengendarai Ferrari saya dengan cepat dan juga jatuh dan mati. Orang Albania mengatakan, saya menghabiskan semua uang saya untuk Mercedes-Benz saya dan juga tidak punya uang untuk dimakan, jadi saya kelaparan sampai mati.

Drive terakhir kami di Albania adalah yang paling cantik dari perjalanan, serta berpotensi drive paling indah yang pernah kami ambil dalam hidup kami. Kami mengambil jalan pesisir dari Saranda ke Tirana, yang berkelok -kelok di sepanjang garis pantai, di atas lintasan gunung yang tinggi, serta kembali ke permukaan laut.

Saat melilitkan metode kami di sepanjang Laut Adriatik, dengan jendela turun serta angin sepoi -sepoi yang bertiup, kami dapat menunjukkan pada waktu kami di negara ini.

Drive terakhir kami adalah yang terbaik

Sulit untuk memahami persis bagaimana kehidupan baru -baru ini telah berubah bagi orang Albania, serta sementara siapa pun yang berusia di atas 25 tahun telah hidup dengan waktu yang sangat berbeda, semua orang tampaknya melihat ke masa depan dengan harapan serta kegembiraan.

Orang -orang di Albania memperlakukan kami seperti teman -teman serta tamu yang terhormat selama perjalanan kami serta kami menemukan sangat menarik untuk mendengar setiap cerita mereka di sepanjang jalan. Gazi jelas memiliki akun deskriptif yang paling besar tumbuh di Albania, namun dengan setiap lokasi baru kami pergi, foto kehidupan di negara itu dilukis lebih jelas.

Sayuran panggang dengan roti serta anggur, sangat enak

Kami berharap bahwa suatu hari nanti kami dapat kembali untuk menemukan lebih banyak, karena selain dari sejarah baru -baru ini yang penuh gejolak, Albania memiliki apa pun yang mungkin diminta seorang pelancong – makanan yang fantastis, orang -orang yang ramah serta pemandangan yang menakjubkan. 10 hari tidak cukup!

Apakah melihat video perjalanan 10 hari kami – dengan pemotretan program drone?

Anda dapat menemukan lebih banyak video Albania di sini!

Sayak besar terima kasih kepada Anda kepada pemesanan iklim ekonomi karena telah mengaitkan kami dengan sewa kami! Berkeliling akan menjadi kesulitan tanpanya – dan juga kita bahkan sudah melewatkan drive terbaik kita!

Suka itu? Tepi!

Penafian: Kambing di jalan adalah rekan Amazon dan juga afiliasi untuk beberapa pengecer lain. Ini berarti kami membuat komisi jika Anda mengklik tautan di blog kami serta membeli dari pengecer tersebut.